Sejarah Kerajaan Buleleng yang Terkubur Akibat Gempa dan Tsunami di Bali - Beritabali.tv

Semeton

Sejarah Kerajaan Buleleng yang Terkubur Akibat Gempa dan Tsunami di Bali

Senin, 28 Juni 2021 | 20:41 WITA

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritabali.tv, Buleleng.
Babad Buleleng dan Babad Ratu Panji Sakti mengungkap gempa bumi besar yang mengguncang Bali hingga Nusa Tenggara.
Diceritakan menjelang tengah malam tanggal 22 November 1815, Pulau bergetar hebat. Terdengar suara menggelegar bak halilintar. Tanah-tanah longsor, gunung-gunung retak, bukit-bukit runtuh.
Singaraja, pusat pemerintahan Kerajaan Buleleng yang terletak di pesisir Bali utara, terkubur remah-remah pegunungan yang ambruk. 
Tak lama berselang, gelombang ombak raksasa datang menerjang. Besaran gempa rupanya telah memicu tsunami. Desa-desa turut tersapu hingga ke laut. Lebih dari 10.523 orang kehilangan nyawa, belum termasuk yang hilang terbawa air bah. 
Tidak sedikit pejabat penting Kerajaan Buleleng yang turut menjadi korban. Beruntung, sang raja, I Gusti Anglurah Gde Karang, terhindar dari maut.
Dua catatan kerajaan itu kerap digunakan untuk sandaran awal pengungkapan sejarah Bali. Babad tersebut mencatat dengan cukup rinci terjadinya musibah tanah longsor dan tsunami sebagai dampak susulan gempa bumi
Nusantara memang akrab dengan bencana sejak dahulu kala, dan dibalas alam dengan anugerah yang melimpah-ruah. 
Dari ujung barat di Aceh, ke tengah di Jawa, Bali, juga jajaran Kepulauan Nusa Tenggara, hingga ke kawasan timur yang meliputi Sulawesi, Maluku, sampai Papua, pernah mengalaminya. 
Kearifan lokal masyarakat di berbagai wilayah Nusantara telah mengabadikan memori gempa bumi dan tsunami dari masa ke masa itu, yang terbalut dalam babad, naskah, syair, cerita rakyat, hingga kidung atau rupa hikayat lainnya. 

TAGS : Sejarah Kerajaan Buleleng Terkubur Gempa Tsunami Di Bali Babad Buleleng Babad Ratu Panji Sakti Kerajaan Buleleng I Gusti Anglurah Gde Karang Sejarah Bali Gempa Bumi


Beritajembrana.com - Media Online Jembrana Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Jembrana, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya